Minggu, 15 September 2019

Masalah Tachometer Rpm Old Vixion diam di angka 4000


Motor old vixion 2012 saya bermasalah ketika awal dinyalakan jarum Rpm diam di 4000 ,saya coba gas tinggi tetap Rpm diam di 4000, tapi setelah digunakan sejauh  3km jarum rpm normal bisa naik turun sesuai kecepatan motor.

Pernah suatu hari ketika hal itu terjadi saya pukul spedo hasil nya jarum Rpm Normal ,masalah ini banyak dialami teman2 di FB YAMAHA OLD VIXION .Mengenai solusi pukul2 speedo banyak juga di lalukan teman2 di fb.

Dengan kondisi ini mesin tak ada masalah.tapi saya penasaran mengapa jarum bisa diam di 4000 padahal mesin pelan.

Setelah 5hari ahir nya saya cek accu,kiprok,terminal/soket semua ok,ahirnya saya simpulkan speedo bermasalah ahir nya saya spekulasi bongkar speedo


Yang saya laukan:

1.semprot dan putar as jarum agar lancar karena ketika awal dites saya gerakan jarum ke 7000 jarum tidak mau turun seperti tertahan kurang lancar

2.bersihkan bagian konektor baut 

3.setelah kering tes speedo  lalu hidupkan motor sekitar 2-3menit
4.dalam keadaan motor hidup pasang jarum di rpm 1500 (karena terakhir saya setting idle di 1500)
5.gas motor naik turun apakah jarum rpm bergerak jika ya artinya tachometer aman
6.rakit spedo pasang kaca spedo dll 

Entah kebetulan atau hal lain ,sejak dibersihkan spul/as rpm. sekarang rpm motor old vixion normal kembali 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar